logo

D3 - KEPERAWATAN

Universitas Mercubaktijaya

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang D3 - KEPERAWATAN di Universitas Mercubaktijaya

Penyelenggaran Pendidikan Diploma III Keperawatan di Universitas Mercubaktijaya pada awal berdirinya diselenggarakan dengan didirikan Akademi Keperawatan MERCUBAKTIJAYA Padang oleh Yayasan MERCUBAKTIJAYA berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 00.60.1.1.1819 tanggal 21 Mei 1993. Kampus pertama Akper MERCUBAKTIJAYA Padang berlokasi di Jalan Sudirman Padang selama 2 tahun. Selanjutnya sesuai dengan situasi saat itu akhirnya kampus pindah ke Jalan Sawahan Padang selama 4 tahun. Pada tahun 1998 Akper MERCUBAKTIJAYA Padang pindah ke kampus yang sudah milik sendiri di Jalan Jamal Jamil Pondok Kopi Siteba Padang. Akademi Perawatan MERCUBAKTIJAYA Padang untuk operasionalnya dipimpin Direktur. Sesuai dengan tuntunan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan yang lebih mengarah kepada tenaga yang lebih professional, maka Yayasan MERCUBAKTIJAYA mengembangkan institusi pendidikan. Hal ini direalisasikan dengan melakukan perubahan bentuk dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) MERCUBAKTIJAYA Padang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor.195/D/O/2005. Pada tanggal 9 Januari 2024 secara resmi STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang berubah bentuk menjadi Universitas Mercubaktijaya. Visi Menjadi Prodi D III Keperawatan yang Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang berkarakter dan kompetitif serta unggul dalam pelayanan home care. Profil Lulusan Pemberi asuhan keperawatan, Pendidik klien, Pengelola dan pemimpin asuhan keperawatan, Peneliti

Program Studi D III Keperawatan Fakultas Kesehatan dan Sains Universitas Mercubaktijaya merupakan salah satu Prodi Vokasi yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Yayasan MERCUBAKTIJAYA pada tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 00.60.1.1.1819 tanggal 21 Mei 1993.

Visi:

Menjadi Prodi D III Keperawatan yang Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang Berkarakter dan Kompetitif serta Unggul dalam Pelayanan Home Care

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang berkarakter dan kompetitif dengan unggulan pelayanan home care
  2. Mengembangkan penelitian dibidang keperawatan untuk menghasilkan karya ilmiah dan publikasi yang berkualitas dengan unggulan pelayanan home care
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang keperawatan dengan unggulan pelayanan home care
  4. Membangun sistem manajemen/tata kelola Prodi yang bermutu dan berkesinambungan

Kompetensi:

Capaian Pembelajaran Lulusan pendidikan Diploma III Keperawatan Indonesia meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan/keilmuan, keterampuilan kerja umum, keterampilan kerja khusus yang dirumuskan menjadi 8 (delapan) yakni sebagai berikut:

  1. Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjujng nilai kemanusian, etika, hukum, moral, dan budaya dalam memberika asuhan keperawatan (CPL.01)
  2. Mampu memahani ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan secara profesional dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan (CPL.02)
  3. Mampu melakuka komunikasi terapeutik dan menguasai keterampilan dasar keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan kepada klien melalui kerja tim (CPL.03)
  4. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dalam asuhan keperawatan dengan mengembangkan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan informasi ilmiah (CPL.04)
  5. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dengan mengutamakan keselamatan klien dan mutu pelayanan berdasrakan perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dengan memperhatikan prinsip caring sesuai kode etik profesi (CPL.05)
  6. Mampu berperan aktif dalam manajemen keperawatan dan bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam pelayanan kesehatan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan (CPL.06)
  7. Mampu menghasilkan karya ilmiah hasil dari asuhan keperawatan berdasarkan etik dan bukti ilmiah yang dapat digunakan untuk pengembangan kualitas pelanan keperawatan (CPL.07)
  8. Mampu meningkatkan keahlian dalam bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat (CPL.08)

Capaian Pembelajaran:

Capaian Pembelajaran Lulusan pendidikan Diploma III Keperawatan Indonesia meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan/keilmuan, keterampuilan kerja umum, keterampilan kerja khusus yang dirumuskan menjadi 8 (delapan) yakni sebagai berikut:

  1. Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjujng nilai kemanusian, etika, hukum, moral, dan budaya dalam memberika asuhan keperawatan (CPL.01)
  2. Mampu memahani ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan secara profesional dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan (CPL.02)
  3. Mampu melakuka komunikasi terapeutik dan menguasai keterampilan dasar keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan kepada klien melalui kerja tim (CPL.03)
  4. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dalam asuhan keperawatan dengan mengembangkan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan informasi ilmiah (CPL.04)
  5. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dengan mengutamakan keselamatan klien dan mutu pelayanan berdasrakan perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dengan memperhatikan prinsip caring sesuai kode etik profesi (CPL.05)
  6. Mampu berperan aktif dalam manajemen keperawatan dan bertanggungjawab atas pekerjaannya dalam pelayanan kesehatan dengan menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen keperawatan (CPL.06)
  7. Mampu menghasilkan karya ilmiah hasil dari asuhan keperawatan berdasarkan etik dan bukti ilmiah yang dapat digunakan untuk pengembangan kualitas pelanan keperawatan (CPL.07)
  8. Mampu meningkatkan keahlian dalam bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat (CPL.08)

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Sejarah adalah program studi yang menawarkan pemahaman mendalam tentang berbagai peristiwa, tokoh, dan budaya yang membentuk perjalanan waktu manusia. Kamu tidak hanya belajar fakta-fakta historis, tetapi juga mengembangkan keterampilan analisis, penelitian, dan penyampaian informasi sejarah secara sistematis. Mereka mempelajari perkembangan masyarakat, politik, ekonomi, dan budaya dari masa ke masa, melacak transformasi peradaban, serta memahami dampaknya pada dunia kontemporer. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai metodologi penelitian sejarah, sehingga mereka dapat menyusun narasi sejarah yang kritis dan objektif. Sebagai seorang calon pendidik, tentunya kamu juga dibekali dengan keterampilan komunikasi, baik secara tertulis maupun lisan, untuk menyampaikan cerita sejarah dengan gaya yang menarik dan relevan bagi berbagai kalangan. Salah satu aspek menarik dari jurusan ini adalah kemampuan mahasiswa untuk memahami perbedaan sudut pandang dalam sejarah, mempertimbangkan berbagai narasi, dan menggali aspek-aspek yang mungkin terabaikan. Dengan demikian, mahasiswa Pendidikan Sejarah tidak hanya menjadi penjaga warisan budaya, tetapi juga agen perubahan yang dapat membentuk cara pandang masyarakat terhadap masa lalu. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang interaktif dan mengasyikkan, jurusan Pendidikan Sejarah tidak hanya membentuk sejarawan masa depan, tetapi juga pendidik yang mampu menyampaikan sejarah dengan penuh semangat.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat