logo

S1 - Tadris bahasa inggris

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Tadris bahasa inggris di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Program studi pendidikan bahasa inggris adalah program studi yang mengajarkan mahasiswanya tentang penggunaan bahasa inggris untuk keperluan akademik atau keguruan bahasa inggris sehingga prodi ini cocok sekali bagi siswa siswi yang berminat untuk menjadi guru bahasa inggris di masa mendatang.

Mata kuliah ini bertujuan memberi bekal kompetensi kepada para mahasiswa untuk dapat merancang, mengembangkan, menganalisis, memanfaatkan dan melaporkan asesmen kemampuan berbahasa Inggris. Adapun materi yang di muat di dalam mata kuliah ini diantaranya adalah terkait konsep-konsep dasar tentang evaluasi dan asesmen, test & measurement, jenis-jenis assesment, kriteria assessment yang baik, pembuatan dan pengembangan kisi-kisi, pembuatan soal tes yang valid dan reliable, try out, scoring system dan laporan hasil assessment. Proses perkuliahan diselenggarakan melalui kegiatan ceramah, diskusi, presentasi dan penugasan. Penilaian yang digunakan didasarkan pada penilaian yang diperoleh dari partisipasi di dalam kelas, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Tugas individu/kelompok, dan absensi.

Visi:

Menjadi pusat studi pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang islami, berperadaban dan berwawasan kebangsaan dalam membangun masyarakat yang sholeh, moderat, cerdas dan unggul bertaraf internasional tahun 2037

Misi:

  1. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris untuk menghasilkan pendidik yang ahli, sholeh, profesional, moderat dan berwawasan kebangsaan;
  2. Meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah di bidang bahasa inggris yang bereputasi nasional dan internasional bidang tarbiyah dan keguruan;
  3. Meningkatakan kualitas pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan bahasa inggris;
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan lembaga-lembaga di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional;
  5. Mewujudkan tata kelola dan kepemimpinan yang berintegritas dan

Capaian Pembelajaran:

S3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 (S9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 (S11) Mempunyai ketulusan,  komitmen,  kesungguhan hati  untuk  mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik;

 (P1) Menguasai konsep tentang kebahasaaan, kesusastraan, dan pembelajaran bahasa Inggris secara teoritis, dalam konteks umum (general purpose), akademik (academic purpose), dan tujuan tertentu (specific purposes);

 (P2) Menguasai konsep strategi berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dalam konteks umum (general purpose), akademik (academic purpose), dan tujuan tertentu (specific purposes);

(P4) Menguasai teori dan teknik dasar pengembangan program pembelajaran bahasa Inggris. (KU2) Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

(KU3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik pendidikan.

 (KU7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskannya yang berada dibawah tanggungjawabnya.

 (KU8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang dibawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran mandiri.

 (KK1) menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Inggris;

(KK4) menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris;

(KK7) memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar; dan

 (KK8) menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi.

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Bahasa Indonesia
Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia adalah bidang ilmu yang bertujuan untuk mendalami berbagai aspek pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia. Fokus utama dari jurusan ini adalah membekali calon pendidik dengan pengetahuan mendalam tentang bahasa Indonesia, termasuk sastra, linguistik, dan unsur kebudayaan yang terkandung di dalamnya. Kamu akan diajak untuk mengeksplorasi keindahan dan kompleksitas bahasa Indonesia melalui pembahasan sastra, baik sastra klasik maupun kontemporer. Mereka juga akan mempelajari teori-teori linguistik yang membantu dalam pemahaman struktur dan evolusi bahasa Indonesia. Selain itu, pemahaman mengenai ragam bahasa, dialek, dan variasi bahasa Indonesia menjadi fokus penting agar mahasiswa dapat mengajarkan bahasa sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari. Keberagaman program studi dalam jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia memungkinkan kamu memilih bidang spesialisasi sesuai minat, seperti penulisan kreatif, penerjemahan, atau teknologi pembelajaran bahasa. Selain itu, kamu juga akan terlibat dalam praktik pengajaran di sekolah-sekolah sebagai bagian dari persiapan mereka untuk menjadi pendidik yang kompeten dan inovatif. Selain menjadi guru, lulusan juga dapat melibatkan diri dalam pengembangan kurikulum, penulisan, atau kegiatan pengembangan bahasa dan literasi di berbagai tingkat masyarakat. Dengan demikian, jurusan ini tidak hanya membentuk pendidik, tetapi juga agen perubahan dalam pelestarian dan pengembangan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional yang bernilai tinggi.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat